Bupati Barru Resmikan Panen Hadiah Simpedes BRI, Dorong Literasi Keuangan dan UMKM

    Bupati Barru Resmikan Panen Hadiah Simpedes BRI, Dorong Literasi Keuangan dan UMKM

    PUBLIK.CO.ID, BARRU - Bupati Barru, Dr.(H.C).Ir.H.Suardi Saleh, M.Si, secara resmi membuka Panen Hadiah Simpedes Periode II Tahun 2023 BRI Kantor Cabang Barru, Sabtu (3/8/2024).

    Acara yang berlangsung meriah di halaman kantor BRI Cabang Barru ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari pejabat daerah hingga nasabah setia.

    Dalam sambutannya, Bupati Suardi mengapresiasi upaya BRI dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui program Simpedes.

    "Kegiatan ini sangat penting untuk mendorong masyarakat, terutama para pelaku UMKM, agar lebih rajin menabung dan memanfaatkan layanan perbankan, " ujarnya.

    Bupati Suardi juga mengungkapkan rasa bangganya atas capaian BRI Cabang Barru dalam mendukung program pemerintah daerah.

    Khususnya dalam hal percepatan akses keuangan daerah, BRI telah menunjukkan kinerja yang sangat baik. Beberapa program unggulan yang telah berhasil dijalankan antara lain:

    Program Klasterisasi UMKM, memfasilitasi keuangan bagi kelompok UMKM, seperti klaster kepiting rajungan, dengan total nilai Rp2, 5 miliar. Kredit melawan rentenir yakni Penyaluran kredit online sebesar Rp4, 942 miliar kepada 679 debitur untuk mengurangi ketergantungan masyarakat pada rentenir.

    Kemudian KUR, yakni Penyaluran Kredit Usaha Rakyat sebesar Rp232 miliar kepada 4.722 debitur, dengan porsi terbesar berasal dari BRI Cabang Barru. Adapula Desa BRIlian, yakni  Pengembangan Desa Nepo sebagai desa wisata dengan program keuangan inklusif.

    Simpanan pelajar, yakni Program one student one account yang telah mencapai nilai Rp4, 34 miliar dengan 21.822 rekening. Terakhir Fasilitasi pembayaran non-tunai melalui QRIS sebesar Rp1, 5 miliar.

    "Saya berharap ke depan, BRI dapat terus meningkatkan layanannya sehingga masyarakat semakin mudah mengakses perbankan dan terhindar dari jerat rentenir, " tambah Bupati Suardi.

    Puncak acara Panen Hadiah Simpedes adalah pengundian hadiah utama, yakni satu unit mobil Suzuki XL7. Hadiah bergengsi ini berhasil diraih oleh Zulkifli, nasabah BRI Unit Takkalasi.

    Dengan digelarnya acara ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi nasabah BRI dan memanfaatkan berbagai produk serta layanan yang ditawarkan.

    Penulis:

    Achmad

    pemkab barru
    Achmad. A

    Achmad. A

    Artikel Sebelumnya

    Bupati Barru Pastikan Pilkada Berjalan Aman,...

    Artikel Berikutnya

    Bupati Barru Tutup Porkab 2024, Harap Lahir...

    Berita terkait